0

Tips Puasa Sehat

Hmm, ini masih hari ke-5 puasa ramadhan. Masih panjang jalan yang harus dilalui. Kita tidak mungkin juga menghabiskan waktu sepanjang hari dengan sahur-tidur-nonton tv-tidur-buka puasa. Hal seperti itu sama sekali tidak sehat! Puasa bukan berarti kita puasa bekerja, puasa berarti menahan hawa nafsu dan tidak makan-minum sampai tenggelamnya matahari. Tetap harus semangat dong dalam menjalankan aktivitas! Di sini saya tidak mau meng-iklankan suatu produk *hehe* tapi saya kasih deh tips-tips biar puasanya tetap lancar, begitu juga dengan aktifitas yang lain.

  1. Makan sahur dengan makanan yang kaya karbohidrat. Seperti roti atau sereal. Kita butuh zat-zat ini sebagai energi dalam beraktifitas.
  2. Saat berbuka puasa, makanlah makanan yang manis-manis yang kaya kandungan gula. Misalnya kolak, jus buah, kurma, dll. Dan jangan lupa minum air putih terlebih dahulu atau hot tea. Jangan berbuka didahului dengan minuman dingin, bisa merusak lambung lho!
  3. Tetap lakukan olahraga ringan selama puasa. Tidak harus ke gym atau sejenisnya, cukup stretching saja di rumah atau di kamar mandi.
  4. Biasakan tidak langsung tidur setelah makan sahur karena makanan akan sulit masuk ke organ-organ pencernaan. Kondisi ini bisa membuat asam lambung naik yang dapat menyebabkan rasa mual.
  5. Sementara hindari dulu minuman yang dapat merangsang pengeluaran asam seperti minuman soda ringan, susu, kopi dan makanan seperti kol, sawi, nangka, dan buah-buahan yang dikeringkan.
Semoga tips-tips itu bisa membantu yaaaa :)
Selamat menunaikan ibadah puasa


0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top